18 Prinsip Penulisan Naskah Televisi menurut Morissan (bag 3)
18 Prinsip Penulisan Naskah Televisi menurut Morissan (bag 3)

Menggunakan struktur kalimat yang benar (S-P-O-K)

Harus urut dan lurus kayak kereta yaaa
Harus urut dan lurus kayak kereta yaaa

Ya kalau ini jelas. Nggak bakal ada orang yang bisa ngerti kalimat tanpa susunan S-P-O-K yang jelas.

Menggunakan kalimat bersifat objektif

Objektif itu yang paling enak deh
Objektif itu yang paling enak deh

Ini jelas untuk penulisan berita atau dokumenter. Tanpa menghilangkan sudut pandang penulis, buat laporan se-objektif mungkin supaya tidak ada ketidakadilan dan ketimpangan informasi di dalamnya.

Tidak mengulang informasi ke bagian naskah lain

Kayak mindah kardus, nggak penting-penting amat tapi dilakuin
Kayak mindah kardus, nggak penting-penting amat tapi dilakuin

Dalam penulisan jelas ada gagasan-gagasan yang diletakkan pada tiap paragraf. Gagasan-gagasan yang sudah muncul dalam paragraf sebelumnya jangan diulang lagi ke dalam bagian lainnya, sehingga tidak ada pengulangan informasi yang mubazir.

Konsistensi dalam menggunakan nama tempat, jabatan, dsb

Sekali lagi: konsisten kayak batu!
Sekali lagi: konsisten kayak batu!

Istilah-istilah baik digunakan secara konsisten agar tidak terjadi mispersepsi atau ‘salah kenal’ terhadap maksud sesungguhnya dari objek yang diceritakan.

Yaaappss.. selesai sudah 18 Prinsip Penulisan Naskah Televisi menurut Morissan! Semoga membantu teman-teman yang ingin menulis naskah yaa..! Good luck!

Baca juga:

Tinggalkan pesan

Masukkan komentarmu!
Masukkan nama di sini

four + eight =